RESORT TANJUNGPASIR

Menus

  • Home
  • About Us
  • Galleries
  • Ecotourism
  • Reports

    Selasa, 15 Juli 2014

    SIG KIAN MURAH DAN SEDERHANA

    Sejak diminta oleh Fakultas Pertanian jur. PSD Perikanan (Untag Banyuwangi) untuk mengisi pelatihan SIG, saya tergerak lagi untuk corat-coret di blog ini. Sungguh merupakan kebahagiaan yang luar biasa ketika saya bisa berbagi dengan kawan-kawan mahasiswa perikanan.

    SIG memang sudah mulai membumi. Dengan munculnya freeware SIG semacam Quantum GIS (QGIS), kita semakin dimudahkan untuk bergelut di dunia spasial, baik untuk tingkat dasar maupun lanjut. Selain gratis, QGIS sangat user friendly. Orang awam-pun akan mudah memanfaatkannya. QGIS sangat kompetitif jika dibandingkan dengan ArcGIS keluaran ESRI. QGIS siap digunakan untuk analisis-analisis spasial tingkat lanjut. Bagaimana bisa software gratisan ini bisa cukup handal? QGIS ter-bundle bersama freeware lainnya seperti SAGA, MyShell dan melimpahnya add in toolbox dari anggota forum.

    QGIS saya gunakan untuk media pelatihan kawan-kawan perikanan dengan semangat; go smart with no piracy. Kita tahu bahwa jika yang digunakan adalah ArcGIS atau versi tua-nya; ArcView, sudah tentu pelatihan tersebut akan berbiaya mahal. Setidaknya USD 450 harus disiapkan untuk membeli software ArcGIS (single user only), termasuk 5 kali biaya licence dan PPN 10%. Di sisi lain, kita juga wajib mendorong agar civitas akademika terbebas dari praktek bajak-membajak software, meskipun untuk menunjang ilmu pengetahuan..hahay..

    Berikut adalah salah satu materi praktikum pada sesi "georeferencing". Bagi yang mau memanfaatkan, monggo materi bisa diunduh pada link berikut:

    http://www.scribd.com/doc/234073825/Geo-Referencing-Using-QGIS

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar